Tips Menangani Tumpahan Bahan Kimia di Area Kerja

By 23.04 , , , , , ,

Afbeeldingsresultaat voor Tips Menangani Tumpahan Bahan Kimia di Area Kerja
Pelatihan dasar keselamatan kerja atau safety induction yang biasa dilakukan di perusahaan dapat membantu memastikan suatu hal yang benar dilakukan ketika Kamu melakukan pekerjaan Kamu. Kursus juga mencakup kondisi tanggap darurat, yakni apa yang perlu dilakukan apabila ada suatu kondisi darurat terjadi misalnya kebakaran, kecelakaan, tumpahan bahan kimia dan sebagainya.

Dalam kursus tanggap darurat yang berhubungan dengan tumpahan bahan kimia Kamu dilatih cara mengatasi tumpahan bahan kimia apabila hal semacam ini terjadi ditempat kerja.

Tumpahan bahan kimia yang terjadi ditempat kerja telah pastinya akan menyebabkan efek yang merugikan. Luka bakar pada kulit dan mata, rusaknya paru-paru, kebakaran dan ledakan, rusaknya akibat bahan korosif, polusi hawa, tanah dan air, dan bahaya untuk umum yaitu beberapa peluang konsekwensi dari tumpahan bahan kimia.

Tumpahan bahan kimia dapat berbentuk cair, padat, gas dan uap. Mereka dapat mudah terbakar (cepat untuk membakar atau meledak), korosif (mengakibatkan kerusakan jaringan manusia atau bahan yang lain), atau beracun (beracun untuk manusia dan makhluk hidup yang lain).

Untuk mengatasi tumpahan bahan kimia sebelumnya hal semacam itu terjadi, maka perlu dilakukan kursus dengan cara berkala di setiap perusahaan untuk meyakinkan karyawan tahu akan beberapa langkah yang perlu mereka kerjakan dalam mengatasi tumpahan bahan kimia.

Pertama, Kamu perlu pelajari mengenai bahan kimia yang dipakai dan disimpan dalam ruang kerja Kamu. Apa bahayanya? Apa yang akan terjadi bila bahan kimia yang terserang hawa, oksigen, percikan, air atau bahkan juga goncangan? Ada bahan kimia korosif, mengakibatkan luka bakar ke jaringan manusia.

Bila dihirup, dapat itu mengakibatkan kerusakan system pernafasan, mengakibatkan pingsan atau kematian. Adakah peluang efek periode panjang dari paparan bahan kimia, seperti kanker? Kamu akan memperoleh type info dari kursus K3LH di perusahaan Kamu. Untuk tahu semua info itu maka Kamu dapat memandangnya pada Material Safety Data Sheet (MSDS). Didalam MSDS diterangkan dengan cara komplit mengenai nama bahan kimia, perusahaan pembuat, komposisi, bahaya-bahaya, aksi mencegah, cara penyimpanan dan sebagainya.

Tersebut disini beberapa prosedur basic yang perlu Kamu kenali yakni cara mengatasi tumpahan bahan kimia. Ikuti beberapa langkah berikut ini :
  • Gunakan sinyal bahaya tumpahan di tempat.
  • Panggil nomer darurat yang sesuai, yang perlu dipasang di setiap telephone. Biasanya segera tersambung dengan Emergency Response Team di perusahaan.
  • Apabila ada orang yang terluka, selekasnya evakuasi mereka dan menghilangkan paparan lewat cara mandi bila diperlukan.
  • Bergantung pada karakter kimia, Kamu mungkin perlu buka jendela dan pintu untuk memberi ventilasi, tutup daerah yang terserang tumpahan atau mematikan panas dan sumber api yang lain.
  • Bila Kamu dilatih dan resmi, memakai bahan yang tepat untuk menyerap atau memiliki kandungan tumpahan. Misalnya, Kamu mungkin memiliki spill kit untuk menetralisir asam yang tumpah atau basa. Untuk bahan kimia yang lain, Kamu dapat disuruh untuk memercikkan sebuah sampah penyerap pada tumpahan, atau melingkari tumpahan dengan bendungan (bundwall). 
Janganlah coba melakukan pembersihan bahan kimia dalam kondisi berikut :
  • Kamu tidak paham apa bahan yang tumpah.
  • Kamu tidak memiliki APD atau perlengkapan yang tepat untuk melakukan pekerjaan itu seperti pakaian keselamatan, sarung tangan keselamatan, sepatu safety dll.
  • Tumpahan terlalu besar.
  • Tumpahan sangat beracun.
  • Kamu merasa ada tanda-tanda paparan. 
Tekuni bagian Kamu dalam gagasan kursus tanggap darurat tumpahan kimia di departemen Kamu. Bila tak ada gagasan seperti itu, minta atasan Kamu untuk bekerja dengan manajemen dan departemen keselamatan kerja untuk melakukan kursus environmental spill drill.

You Might Also Like

0 komentar