HAL WAJIB YANG DIHINDARI DALAM MENENTUKAN RAMBU RAMBU KESELAMATAN KERJA

By 23.57 , , , , , ,

Image result for HAL WAJIB YANG DIHINDARI DALAM MENENTUKAN RAMBU RAMBU KESELAMATAN KERJA
Kesalahan kesalahan fatal apa sajakah yang harus kita hindari dalam menentukan Rambu Rambu Keselamatan Kerja/safety sign?. Kita semua tentunya berharap dengan adanya rambu rambu Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)/safety sign dapat meminimalisasi terjadinya kecelakaan kerja di ruang yang memiliki potensi bahaya.

Tetapi, usaha meminimalisasi terjadinya kecelakaan kerja itu akan kurang efisien jika ada kekeliruan di beberapa segi dalam memastikan Rambu Rambu Keselamatan Kerja. Berikut ini yaitu 3 Kekeliruan Fatal yang harus kita jauhi di beberapa segi dalam memastikan Rambu Rambu Keselamatan Kerja.

1. Melupakan keharusan dasar

Yang disebut di sini yaitu terkadang kita baru melakukan pengadaan safety sign dengan sungguh sungguh memerhatikan jumlah dan kwalitas safety sign saat akan hadapi audit atau setelah ada peringatan dari pemerintah setempat. Walau sebenarnya semestinya pada awal suatu bisnis diawali, dan memiliki beberapa karyawan yang bekerja maka telah terserang keharusan basic untuk mengkondisikan lokasi kerja dan mensosialisasikan agar semua karyawan memprioritaskan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) sesuai sama UU RI No. 1 th. 1970, Bab 9 poin 1 b (mengenai keharusan Perusahaan untuk menerangkan prosedur keselamatan kerja pada karyawan baru) and Bab 14 poin b (mengenai keharusan Perusahaan untuk menempatkan Safety Sign/peringatan ditempat kerja dan mengemukakan pesan K3 pada karyawan dengan tuntunan dari seorang yang memiliki kompetensi di bagian K3). Maka mari kita bergerak saat ini juga dalam tingkatkan kesadaran semua akan "safety first" untuk keselamatan dan kesehatan kerja kita semua.

2. Design yang kurang sesuai 

Standard safety sign yang ada telah di desain dengan design symbol/pictogram yang seimbang dan mudah dipahami. Hingga design yang kurang cocok akan kurang efisien dalam mengemukakan pesan dan kurang indah dari segi estetika, karena safety sign ini akan berada di sekitar ruang kerja kita.

3. Material yg tidak tepat 

Sangat disarankan setiap kita tahu type bahan/material safety sign, type/merk sticker, apakah bahan safety sign itu untuk indoor atau outdoor, apakah perlu ditambahkan susunan yang menyala dalam gelap (Glow in The Dark), apakah bahan dan sticker safety sign nya tahan pada keasaman yang tinggi (dengan sendirinya ruang itu tingkat korosifnya pun jadi tinggi), dan hal hal yang lain tentang bahan safety sign. Hal itu diperlukan agar tidak berkesan asal asalan dalam memastikan bahan safety sign. Berdasar pada pengalaman kami, sepintas bahan sticker safety sign dengan kwalitas yang jelek di banding yang bermerk bersama kwalitas/ketahanan yang bisa dipertanggungjawabkan dan design yang tepat, tidak bisa dibedakan jika diliat sepintas pada awal safety sign itu baru dipasang. Maka “telitilah sebelumnya membeli” akan selalu berlaku untuk setiap barang termasuk safety sign. Selain safety sign, penggunaan alat pelindung diri juga sangat penting bagi pekerja. Pastikan pekerja selalu menggunakan helm safety, sepatu safety, pakaian safety dll agar selalu terlindungi.

Semoga kita dapat selalu tepat di beberapa hal dalam memastikan safety sign hingga dapat berguna dalam usaha meminimalisasi angka kecelakaan kerja bahkan juga sampai terwujud “zero accident”.

You Might Also Like

0 komentar