Bagaimana Cara Menerapkan OHSAS 18001 - Manajemen K3

By 18.35 , , , , , ,


Image result for Bagaimana Cara Menerapkan OHSAS 18001 - Manajemen K3
OHSAS – Occupational Health and Safety Assesment Series-18001 adalah standard internasional untuk aplikasi System Manajemen Kesehatan & Keselamatan Kerja atau umum dimaksud Manajemen K3 . Maksud dari OHSAS 18001 ini sendiri tidak jauh tidak sama dengan maksud System Manajemen K3 Permenaker, yakni Perlindungan pada beberapa pekerja dari beberapa hal yg tidak dikehendaki yg muncul dari lingkungan kerja maupun kegiatan pekerjaan tersebut yang beresiko pada kesehatan dan keselamatan beberapa pekerja dan agar tidak menyebabkan kerugian besar yg disebabkan dari kecelakaan kerja yang dapat jadi jadikan citra jelek perusahaan dan dapat turunkan image perusahaan. seperti di ketahui Banyak Industri maupun dapat pula layanan yang prosesnya beresiko negative pada lingkungan dan kesehatan dan keselamatan pekerjanya, oleh karnanya di perlukan manajemen Kesehatan & Keselamatan Kerja - Manajemen K3 hingga ada jaminan untuk beberapa pekerjanya. Perihal ini pula sebagai alasan kenapa perusahaan besar terlebih OIL&GAS mewajibkan semua mitranya minimum harus mengimplementasikan system Manajemen K3 atau umum di sebut dengan CSMS (Contractor Safety Manajemen Sistem) dan untuk dapat ikuti tender prasyarat intinya perusahaan harus memiliki dokumen K3LL.

Standard OHSAS memiliki kandungan beberapa komponen utama yang perlu dipenuhi oleh perusahaan dalam aplikasi System Manajemen K3 untuk proses System Manajemen K3 yang berkaitan.

Komponen utama standard OHSAS 18001 dalam aplikasinya di perusahaan mencakup :
1. Ada prinsip perusahaan mengenai System Manajemen K3 .
2. Ada rencana mengenai program-program System Manajemen K3
3. Operasi dan Implementasi System Manajemen K3
4. Kontrol dan aksi koreksi pada proses System Manajemen K3 di perusahaan
5. Pengkajian manajemen perusahaan mengenai kebijakan System Manajemen K3 untuk proses berkaitan.
6. Adanya prinsip perusahaan mengenai Alat Pelindung Diri seperti sepatu safety, helm safetty dll.

Berdasar pada 5 komponen utama di atas, bagian dalam pengaturan System Manajemen K3 menurut OHSAS 18001 dibagi jadi 7 bagian yakni :
1. mengindentifikasi kemungkinan dan bahaya
2. mengidentifikasi ketentuan UU dan ketentuan hukum yang berlaku
3. memastikan tujuan dan pelaksana program
4. memperlancar program rencana untuk meraih tujuan dan objek yang sudah ditentukan
5. mengadakan rencana pada peristiwa darurat
6. peninjauan lagi pada tujuan dan beberapa pelaksana system
7. penetapan kebijakan sebagai usaha untuk meraih perkembangan yang berkaitan. Bagian aplikasi ini lebih panjang bila dibanding dengan aplikasi System Manajemen K3 menurut permenaker namun dari sisi isi tak ada ketidaksamaan yang penting.

Bersamaan dengan usaha proses OHSAS 18001 dalam perusahaan, nampaklah suatu rencana baru sebagai akibat praktik OHSAS 18001 dalam manajemen perusahaan. Rencana baru itu di kenal dengan nama Green Company

Rencana OHSAS 18001 memiliki beberapa keselarasan dengan ISO 14001 dan ISO 9001, hingga banyak perusahaan saat ini mengintegrasikan tiga system itu yakni ISO 9001, ISO 14001 & OHSAS 18001 , karenanya ada system integrasi ini perusahaan semakin lebih banyak mengambil keuntungan baik dari segi effisiensi biaya maupun efektifitas pengerjaannya karna dengan integrasi sistem artinya satu prosedur telah mencangkup tiga system itu (ISO 9001, ISO 14001 & OHSAS 18001)

Lalu bagaimana Sebagian Tahapan dalam sistem aplikasi Manajemen K3 ini?
Untuk mengaplikasikan sistem Manajemen K3 ini diperlukan tiga tahapan proses, Seperti berikut :

1. Step Indentifikasi Awal Manajemen K3 - OHSAS 18001
Analisis/Indentifikasi pada tingkat kecukupan pada system dan sarana kesehatan dan keselamatan kerja di organisasi/industry. Meliputi pelajari sistem di organisasi, kontrol pada prosedur yang ada, analisis tingkat kecelakaan pada saat lalu dan ketentuan atau perundang-undangan yang berlaku.

2. Step Persiapan dan Implementasi Manajemen K3 - OHSAS 18001
Step ini adalah step persiapan dokumen dan program kerja dan proses implementasinya. Pada step ini ada beberapa elemen yang perlu di perhatikan yakni :
a. Kebijakan kesehatan dan keselamatan kerja dan kepemimpinannya
b. Organisasi, sumberdaya dan training
c. Pengendalian operasional sebagai titik tolak prosedur sistem, ketentuan kesehatan dan keselamatan kerja dan perijinan di lingkungan kerja.
d. Maksud dan tujuan dari kesehatan dan keselamatan kerja
e. Tips sistem kesehatan dan keselamatan kerja dan dokumentasi
f. Pengendalian operasional yang meliputi pemantauan kesehatan kerja, persiapan proyek, pembelian dan penyuplai.
g. Kontrol dan aksi mencegah, investigasi dan aksi perbaikan
h. Aksi darurat
i. Pengendalian catatan, audit dan tinjauan manajemen.

3. Step Penilaian Kemampuan Sistem Manajemen K3 - OHSAS 18001
Step ini adalah step penilaian pada sistem yang sudah diaplikasikan meliputi penilaian dokumentasi, verifikasi aplikasi dan aksi perbaikan/mencegah yang diperlukan.

You Might Also Like

0 komentar